BerandaDigital MarketingContent MarketingCara Merencanakan Konten Jangka Panjang untuk Marketing di Media Sosial

Postingan Serupa

Tentang Kami

Gatenz Team

Digital Creative Agency

Berpengalaman sejak 2018 dalam bidang Social Media dan Digital Marketing.

Cara Merencanakan Konten Jangka Panjang untuk Marketing di Media Sosial

Hai Readers – Media sosial saat ini menjadi salah satu destinasi para pemilik bisnis untuk melakukan strategi konten marketing. Tujuan akhirnya adalah mendatangkan trafik dan pembeli di toko. Namun, para pemilik bisnis perlu untuk merencanakan menyediakan konten dalam jangka panjang untuk mendapatkan trafik dan memancing para pengunjung sesuai dengan harapan mereka.

Membuat konten jangka panjang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, butuh konsistensi tingkat tinggi serta ide yang melimpah untuk mendapatkan konten yang bagus dan disukai oleh banyak orang. Langkah tersebut adalah bagian dari aktivitas digital marketing. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara merencanakan konten jangka panjang dan bagaimana tips digital marketing yang perlu Anda ketahui.

Cara Merencanakan Konten Jangka Panjang

Salah satu cara yang efektif untuk merencanakan konten jangka panjang adalah dengan membuat konten plan secara berkala. Anda perlu mengenal istilah konten adalah raja. Maka dari itu, manfaatkan sebaik-baiknya media sosial Anda untuk membuat konten yang menarik agar brand dan produk Anda mempunyai daya tarik yang tinggi dengan audiens.

Selain itu, Anda juga bisa membangun relasi dengan audiens, caranya adalah merencanakan konten yang dibuat agar tetap relevan dan diminati audiens yang Anda targetkan. Caranya adalah dengan membuat rencana konten dalam satu bulan. Tujuannya agar trend dan performa konten yang disediakan selalu relevan dan bagi audiens.

Tujuan Konten Plan yang Baik

Setelah mengetahui cara merencanakan konten jangka panjang yang baik dan tepat, selanjutnya, Anda perlu mengetahui apa tujuan di baliknya dan manfaat apa yang bisa didapatkan dari sebuah konten plan yang baik.

  1. Membuat strategi yang lebih terstruktur
  2. Meningkatkan brand awareness
  3. Membentuk citra brand
  4. Mendatangkan trafik organik pada toko
  5. Membangun relasi dan komunikasi dengan pelanggan

Langkah Merancang Konten Plan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam merancang konten plan:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan dan sekaligus mengenali target audiens. Tujuan dari konten plan akan mengantarkan Anda pada garis besar sekaligus turunannya. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dalam membentuk konten plan.

2. Buat Pilar Konten yang Sesuai

Pilar konten bisa ditentukan jika tujuan sudah terbentuk. Pilar konten terdiri dari berbagai macam dan Anda perlu memilih salah satunya untuk memancing audiens datang ke toko Anda.

3. Susun Jadwal Kalender

Disiplin adalah kunci dalam membuat konten. Maka dari itu, salah satu strategi agar konten tetap tersedia ketika dibutuhkan adalah dengan menyusun jadwal kalender editorial. Jika Anda lengah dalam menyajikan konten di media sosial, hal itu akan berpengaruh pada peningkatan performa konten.

4. Tentukan Platform yang Tepat

Platform media sosial mempengaruhi jumlah dan target audiens yang sedang Anda incar. Jangan sampai salah dalam menentukan platform. Setiap platform dan setiap audiens memiliki kecenderungan masing-masing dalam menggunakan media sosial. Hal ini juga berhubungan dengan cara Anda dalam menyajikan konten. Konten YouTube tentu memiliki perbedaan dengan konten TikTok.

5. Memperhatikan Apek pada Konten

Jika platform sudah ditentukan maka aspek membuat video ini juga penting untuk dipertimbangkan. Konten YouTube memiliki aspek rasio 16:9, sedangkan TikTok adalah sebaliknya, yaitu 9:16.

Pillar Konten yang Dipakai untuk Acuan

Berikut ini adalah beberapa pilar konten yang perlu Anda jadikan pertimbangan dalam membuat konten marketing di media sosial:

  1. Edukasi (product, review, tips, dan product hack)
  2. Hiburan (quiz, giveaway, dan parodi)
  3. Terkini (hype dan trend)
  4. Jualan (promosi, diskon, dan kolaborasi eksklusif)
  5. Story telling (testimoni, cerita, dan kesibukan)

Tips Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui cara merencanakan konten plan yang benar, maka berikut ini adalah tips digital marketing yang penting untuk Anda ketahui sebagai acuan dalam melakukan promosi di media sosial.

  1. Pahami kebutuhan audiens
  2. Pilih platform dan channel yang tepat
  3. Pilih digital marketing funnel yang benar
  4. Fokus pada konten yang berkualitas
  5. Konsisten waktu pada digital marketing
  6. Riset kompetitor
  7. Buat iklan digital marketing
  8. Mengandalkan organik trafik
  9. Memiliki tim digital marketing yang kompeten
  10. Jangan takut evaluasi digital marketing
  11. Belajar digital marketing secara benar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Terakhir