BerandaDigital MarketingTips Menganalisis Penjualan di Media Sosial dan Solusinya

Postingan Serupa

Tentang Kami

Gatenz Team

Digital Creative Agency

Berpengalaman sejak 2018 dalam bidang Social Media dan Digital Marketing.

Tips Menganalisis Penjualan di Media Sosial dan Solusinya

Sebagai salah satu media yang berhasil mengumpulkan ratusan ribu, bahkan jutaan pengguna, media sosial menjadi pilihan yang tepat dalam melakukan strategi marketing. Saat ini, banyak sekali pengguna media sosial yang memilih untuk mencari informasi tentang produk lewat medsos, bahkan tidak sedikit mereka yang melanjutkan untuk transaksi.

Meskipun demikian, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika sebuah bisnis melakukan strategi pemasaran di media sosial. Meskipun sudah menerapkan strategi yang tepat, ada saja kelemahan dan ketidakserasian antara strategi penjualan dan tingkat keterjualan sebuah produk.

Semua masalah tersebut bisa saja diselesaikan oleh layanan jasa digital marketing, namun, ada baiknya sebagai pelaku usaha, Anda juga perlu melakukan analisis secara mandiri tentang masalah dan situasi yang terjadi pada toko Anda di media sosial. Selanjutnya, Anda perlu mencari solusinya. Simak artikel ini sampai tuntas.

Menganalisis Penjualan di Media Sosial dan Solusinya

1. Trafik Rendah tetapi Konversi Tinggi

Masalah pertama yang kerap terjadi saat melakukan strategi marketing di media sosial adalah trafik yang rendah akan tetapi konversinya tinggi. Hal ini berarti bahwa produk terjual dengan baik akan tetapi pengunjung masih sedikit dan jauh dari target.

Solusi atas permasalahan ini ada dua. Pertama, selalu cantumkan link ke toko Anda. Solusi ini bisa disebut sebagai call to action, yaitu meminta customer untuk mengunjungi toko Anda di media sosial. Kedua, mengikuti kampanye atau memberikan promo untuk mendorong trafik ke toko online Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan dua cara selanjutnya. Pertama, merekomendasikan produk atau jasa Anda secara lebih masif di media sosial. Kedua, membuat konten berupa edukasi atau menjawab masalah yang dialami oleh costumer.

2. Trafik Tinggi tetapi Konversi Rendah

Masalah kedua yang sering dialami adalah trafik yang tinggi namun konversi rendah. Hal ini berarti bahwa produk yang Anda jual kurang akan tetapi kunjungan ke toko cukup tinggi, kebalikan dari masalah yang pertama.

Ada dua solusi untuk masalah ini. Pertama, Anda bisa membandingkan produk dengan kompetitor, selanjutnya lakukanlah analisis dan cari pemecahan masalahnya dengan baik. Kedua, berikan pelayanan yang lebih optimal. Bisa saja pengunjung toko Anda ingin bertransaksi tapi tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan strategi lain seperti memberikan harga yang pas untuk pengunjung dengan mengadakan promo yang lebih besar, Anda juga bisa melakukan strategi dengan memberikan kode referal agar memperbanyak pembeli di toko Anda.

3. Trafik Tinggi dan Konversi Tinggi

Selanjutnya, situasi ini adalah kondisi ideal yang diinginkan oleh para pemilik bisnis. Meskipun demikian, Anda selaku pemilik toko online di media sosial, masih perlu untuk melakukan strategi khusus. Situasi ketiga ini berarti produk terjual dengan baik dan pengunjung juga baik.

Untuk mempertahankan performa ini, Anda bisa memberikan variasi promosi yang lebih menggoda. Misalnya dengan metode bundling, beli 1 gratis 1 untuk menaikkan jumlah pembelian. Selain itu Anda juga bisa menanamkan kepada pembeli bahwa produk Anda wajib dibeli dalam waktu dekat. Ini bisa Anda lakukan dengan memberikan promo dalam batas waktu tertentu.

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas dan menjaga performa positif dari toko di media sosial, Anda juga bisa menggunakan jasa profesional untuk melakukan marketing secara digital.

Jasa Digital Marketing

Jasa digital marketing saat ini sudah sangat populer di kalangan pebisnis online. Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand, produk, dan jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuannya adalah agar menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien dan relevan.

Digital marketing memerlukan banyak sekali aspek, mulai dari SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), Social Media Marketing, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari digital marketing, maka tidak perlu khawatir, jasa digital marketing yang berkomitmen untuk menaikkan brand dan produk Anda sudah bisa didapatkan, tentu dengan harga yang terjangkau dan performa yang apik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Terakhir